Tuesday, June 3, 2008

expecting the unexpected.

Once again, I’m expecting the unexpected, ladies and gents.
About 5 month ago I found out that I was` pregnant, again.
At first it was shocking, to be honest. Since the birth of Madhya aka dhyas, we were planning on taking a bit of a rest first. Since kita berdua kan pakai kontrasepsi, jadi awalnya memang sangat mengejutkan, tapi kita akhirnya berfikir bahwa this is God send. Bahwa ini memang jalannya. Dan kita melihat banyak positifnya kok, dengan adanya kehamilan ini. At least gue capenya sekarang, nanti tinggal menggapai mimpi aja kan ;p

Tapi tetep aja, banyak bermunculan berbagai reaksi yang mostly heran, bertanya-tanya, dan sometimes sinis, dengan pertanyaan klise, such as:
“hah? Hamil lagi? Gila ya loooo?!”
“hari gini punya anak 3?!”
“apa? Kok bisa hamil lagi? Kenapa? Emang kurang?”
“ya ampyuuun, rajin amet, ga ada kerjaan ya?”
“subur amet sih jenggg”
“doyan apa maruk?”
(yang terakhir ini jujur bikin gue panas euy)
tapi ya khafilah tetap berlalu aja.

Sebagai manusia memang awalnya gue punya keraguan, apalagi gue yang ngga pede-an ini. Kepikir apakah kita mampu, dari segi apapun juga, mulai finasial sampai membagi perhatian ke tiga anak? Apalagi yang dua masih lagi adjust dengan banyak hal baru seperti kepindahan dsb. Terutama lagi kepikir dhyas yang kayanya masih kecil banget. Masih lagi jadi attention seeker, dan merasakan memang jadi pusat perhatian. Rasanya bingung banget. But again, as I said before, ini adalah sebuah rezeki tak terhingga yang memang juga merupakan ujian terbesar sebagai manusia, menerima tanggung jawab dari peran sebagai orang tua. Just imagine, hidup seorang manusia ada di tangan gue n ayahnya lho! Phew..

Memang repot dan cape, apalagi saya yang tidak ber nanny ini memang punya value untuk ngurus anak sendiri. Berat memang. Tapi gue yakin sih, ga ada kata ga mungkin. Untuk mempersiapkan anak-anak pun gue mencoba jauh-jauh hari. terutama untuk dhyas yang sekarang berasa jadi sangat manja dan mulai annoying aja. Tapi ya gue fikir, this is his last chance to be the last child.. aduh.. kasian amet ya, kesannya adiknya lahir buat dia akan jadi bencana aja gitu..haha.. no, no.. it’s not gonna be like that kan. Yang ada kelahiran si kecil nantinya, insya Allah, akan menambah kelengkapan kami sebagai keluarga dong ya. Nothing’s gonna change for the others kan. Insya Allah, gue akan selalu berusaha punya quality time dengan masing-masing anak. It’s gonna be hard work (yang mana sekarang juga udah mulai hard work nya), I know. But I’ll survive. It’s gonna be all fun kok. Just stay focus on the positive things, and you’ll pass it feb. ya kan…

Anyway.. yang aneh, sempet sharing dengan beberapa teman senasib yang sudah/sedang hamil anak ketiga, bikin gue mengambil beberapa kesimpulan..
1. hamil ketiga-terutama dengan jarak dekat kaya gue- itu emang berat banget. Entah kenapa.. mungkin juga karena secara fisik dan mental tubuh kita butuh waktu sebenernya untuk memulihkan diri, dan tampaknya belum kesampaian udah musti kerja keras lagi.
2. lebih emosional, mungkin karena udah ada dua anak sebelumnya yang juga lagi heboh2nya. Jadi cape fisik n hati bikin cepet naik darah.
3. suami lebih cuek, kecuali teman gue ditto yang kayanya malah makin mesra aja sama ibu ika hohoho… kayanya ga pernah absent mijitin kakinya tuh! Wakaka..
(yang pasti kalo laki gue musti disambit dulu baru mijit)
4. lebih deg2an secara finasial… ya iya lah.. ini mah ga perlu dibahas deh, bisa2 satu chapter sendiri..

dan seperti biasa, kalau gue hamil gue akan..
1. mabok berat di awal kehamilan, kadang ya sampai akhir kehamilan masih suka muncul.. (kali ini anti nasi goreng, laptop, sama yang jijik2 kaya biasa)
2. punya penciuman super, ada yang kentut radius berapa kilo juga kecium.. (hiperbolanya kumat nih, eh tapi serius lho)
3. super sensi, karena biasanya aja udah sensitive abis, sekarang jadi 100 x lipat
susah banget makan, maunya juajajannnnn… terus..
4. capean dan idle banget..
5. insomnia berat..baru bisa bobo jam 3, pernah jam 4.. bangun lagi jam 6 karena kaka sekolah..fiuuh..

so that’s the way it is.
Oh, and one thing, sebenernya juga semenjak mabok liat laptop, gue jadi rehat nge blog nih. Padahal baru aja mulai semangat lagi sesudah pindah. But I’m better now. Phew, it’s good to be back…
Jadi dear friends, wish me luck ya, dalam penantian yang selalu bikin deg2an ini. Sebenernya gue masih kepikiran dengan operasi waktu dhyas kemarin, masih agak2 trauma-ish (bahasa apa sih ini?). Tapi ya memang musti dihadapi kan. Ini nih kalau dipikir salah satu jihadnya perempuan ya, hamil dan melahirkan. It’s so freakin Amazing. I’m so grateful Allah SWT gave me all these chances. Hope I’m doing the best, and won’t let Him down, though. Doakan aja semua yang terbaik buat gue dan keluarga ya..
We sure need lots of prayers!
Thanks for all the support!

040308.

1 comment:

Ninta said...

HAi Feb..
welcome back ya say...
udah lama gw wondering knp blog loe ga update2..hehe..ternyata gara2 "itu" tooohhh...hehe..

doa?Insya Allah feb..Semoga Allah memberi loe banyak kekuatan mengiringi anugrahNya yg luar biasa ini..
waa..cuek aja ma komentar2 miring..klo gw siyy, pengenn bgt bs py kesempatan hamil anak ke 3..ke4..ke 5..hahahaha...

so, take care ya say...I always know u can do it feb..pastinya need a lot of hard work..but it's all worth enough koq..(aduh, bener gak niy nulisnya..hehe)..eniwei, keep the faith aja feb..Pede aja lagee...hihi..

salam peluk2,
Ninta