Tuesday, June 3, 2008

about the choices in life.

Sering sekali gue dengar orang bilang begini..
“soalnya gue ngga punya pilhan lain”,…

Entah kenapa gue merasa sangat terganggu dengan kata-kata itu.
Rasanya ngga adil buat Sang Maha pencipta, kalau kita bilang begitu.
Karena gue yakin Allah SWT selalu kasih kita pilihan, dan memang manusia tercipta dengan akal untuk berfikir, untuk memecahkan masalah atau -paling ngga- berusaha, dan melihat semua pilihan yang ada di depan mata, even itu pilihan yang tampak ngga mungkin untuk dilakukan.
Asalkan kita ada kemauan, pasti disitu akan ada jalan. Asalkan kita bersabar dan berikhtiar. Berusaha dan yakin sama diri kita sendiri. Dan ngga lupa, positive thinking pastinya.

Well, that’s my personal opinion.
Menurut gue, instead of bilang bahwa ngga ada pilihan, lebih baik kalau kita bilang “ini adalah pilhan terbaik menurut gue”, atau “ ini pilihan yang ingin gue ambil, dan gue yakin ini adalah yang terbaik”.

Seorang teman baik gue (thanks, ochie..) pernah bilang, bahwa kalau kita ngga bisa rubah situasi, kita musti coba untuk rubah cara pandang kita. Jadi kata-kata seperti diatas menurut gue juga adalah suatu afirmasi positif yang dilakukan buat meyakinkan diri kita sendiri bahwa kita sudah mengambil keputusan yang terbaik, even itu hanya menurut kita sendiri, dan in the end of the day mungkin kita baru akan sadar bahwa kita benar.
Dan yang paling penting, bahwa kita selalu diberikan pilihan olah Yang Maha Kuasa dalam hidup, sekecil dan se-ngga mungkin apapun itu.

Daripada saat kita bilang bahwa pengambilan keputusan karena ngga adanya pilihan lain, itu juga membuat kita akan menjalani pilihan yang diambil dengan ngga ikhlas. Dengan berat. Dan berasa kayanya everyday berkorban untuk sesuatu yang ngga ada habis-habisnya.
Pastinya bakal bikin cape banget…

That’s my personal opinion though.
Mungkin akan beda kalau kata-kata ‘ngga punya pilihan lain’ itu cuma defense atau kamuflase supaya yang nanya ngga nanya-nanya lagi ya...haha..
Different story maybe…


010308.

No comments: